RSS

Membuat Desain Peta dan Web Mapping Menggunakan TileMill

31 Mar

TileMill adalah aplikasi desain studio untuk membuat peta dan web mapping yang lebih interaktif, menarik dan tampil lebih cantik. TileMill dibangun dari open source libraries (Mapnik, node.js, backbone.js,express and CodeMirror) serta menggunakan CSS styling dengan script Carto untuk menghasilkan web mapping yang indah.

TileMill mendukung beragam format layer raster maupun vektor. Format data vektor yang di dukung diantaranya CSV, SHP, JavaScript Object Notation dari GeoJSON, KML, termasuk format database seperti SQLite. Untuk format raster data yang di dukung adalah GeoTIFF. TileMill juga bisa memvisualisasikan data Digital Elevation Model (DEM) dari SRTM atau ASTER untuk menampilkan hillshade, slope atau slope shading. Pengguna juga bisa menambahkan chart dan grafik ke dalam layout TileMill.

TileMill mampu mendeteksi secara otomatis proyeksi data vektor seperti shapefile. Khusus untuk data raster, karena Mapnik sebagai core dari aplikasi ini belum mendukung transformasi proyeksi data raster, maka sebaiknya data raster yang hendak di tambahkan sebagai layer memiliki proyeksi world mercator.

TileMill bisa di download gratis baik untuk pengguna Windows, Linux ataupun Mac (lihat link di akhir postingan ini). Di situs resminya juga tersedia beberapa tutorial cara menggunakan aplikasi desain peta ini diantaranya : Importing a basic spreadsheet, Styling a basic point map, Adding tooltips and legends, serta Exporting maps and sharing them on the web dan How to embed charts in TileMill.

Download TileMill

Sumber:http://www.geotekno.com dan http://mapbox.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Maret 2012 inci SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS, Software

 

Tinggalkan komentar